Banyak cara dilakukan orang yang menekuni bisnis online untuk meningkatkan omzet pemasaran produk mereka. Salah satu cara tersebut yang kerap menjadi primadona pelaku bisnis online yaitu apa yang disebut afiliasi pemasaran.
Apa itu Afiliasi pemasaran
Secara sederhana, afiliasi pemasaran yaitu suatu bentuk kerjasama antara pihak pemilik toko online dengan biro pemasaran dengan imbalan komisi tertentu.
Baca juga
Jadi selaku pemilik toko online, tidak lagi direpotkan dengan urusan promosi produknya, biro pemasarlah yang berusaha mendatangkan konsumen ke website pemilik toko online.
Contoh sederhana dari bentuk afiliasi pemasaran sebagaimana dipraktekan oleh amazon.com, tokopedia, oxl, bukalapak.
Cara Membangun Afiliasi Pemasaran
Membangun sebuah bisnis berbasis afiliasi pemasaran sebetulnya cukup mudah. Anda cukup punya sebuah website dulu.
Apakah memakai domain berbayar atau gratisan itu tidak masalah. Namun sangat disarankan memakai domain yang berbayar, semoga anda mempunyai kontrol penuh terhadap website anda.
Ada beberapa langkah untuk membangun sebuah platform afiliasi pemasaran :
1. Anda tentukan terlebih dahulu nama afiliasi pemasaran bisnisnya.
Apakah memakai brand eksklusif dengan nama nada sendiri atau menggunakan nama sebuah perusahaan. Misalnya, kalau anda berniat dengan produk kesehatan, maka itulah yang menjadi niche afiliasi pemasaran anda.
Niche itu hanyalah sebuah langkah awal yang biasa disebut para hebat pemasaran digital dengan sebutan platform.
Baca juga
Ada beberapa alasan mengapa anda harus membangun platform ini yaitu
Pertama, platform membuka peluang bagi anda untuk mengontrol brand dagang bisnis Anda, apakah itu nama produknya atau mungkin nama eksklusif Anda sendiri.
Masalahnya muncul saat afiliasi pemasaran yang anda luncurkan ke ruang publik semisal facebook, twitter guna mendulang traffic.
Baca juga
Disini sangat beresiko sekali afiliasi pemasaran milik anda akan diganti atau diubah oleh pihak-pihak yang bandel dengan memasang nama mereka.
Kedua platform afiliasi pemasaran Anda mempunyai kegunaan untuk meningkatkan rasa percaya calon konsumen anda. Orang-orang yang secara sengaja atau tidak mengunjungi website bisnis anda mempunyai peluang kesempatan untuk melihat-lihat.
2. Gunakan akun sebuah domain dan hosting.
Ini sudah niscaya harus dilakukan, sebab menjadi cikal bakal munculnya sebuah website yang di dalamnya akan ditempatkan sejumlah produk, lengkap dengan ulasannya.
3. Bangun Daftar Email Anda.
Ada pepatah menyampaikan Uang itu dalam daftar email. Hubungan kerjasama dengan banyak orang yaitu modal utama dari sebuah afiliasi pemasaran. Tanpa itu, dalam jangka panjang bisnis online akan akan meredup dan mati kutu.
Daftar email pelanggan yaitu salah satu bukti nyata bahwa anda menerima kepercayaan dari orang lain untuk bekerja sama.
Sebenarnya anda sanggup saja mencoba meningkatkan penjualan produk anda dengan mempromosikan secara sendiri. Tapi itu butuh kerja keras yang berlipat-lipat ganda.
Afiliasi pemasaran lewat email sanggup mengatasi dilema promosi produk itu. Dengan sistem pembagian komisi yang adil, maka pemasaran produk anda akan dibantu oleh orang lain, tapi itu tidak gratis.
Baca juga
Jadi kata kuncinya, semakin banyak peluang anda terhubung dengan banyak orang maka anda mempunyai ruang yang lapang dan longgar untuk mengajak mereka mengikuti link afiliasi pemasaran milik anda.
4. Bangun Kerjasama dengan Nota Kesepakatan
Membangun kerjasama tidak sanggup hanya berdasar air liur dan propaganda kalimat rayuan dengan iming-iming komisi yang besar.
Selaku pebisnis profesional, maka anda wajib menyampaikan kerjasama afiliasi pemasaran itu dalam sebuah dokumen kesepakatan.
Isinya akan mencantumkan hak dan kewajiban masing-masing, larangan, batas waktu tenggang kerjasama serta pembagian komisi di kedua belah pihak.
Tawaran ini sangat baik untuk membangun reputasi dan gambaran anda bahwa anda punya komitmen dan serius untuk kekerabatan bisnis yang saling menguntungkan dengan siapa saja.
Skema Afiliasi Pemasaran
Menukil dari pendapat para hebat digital marketing maka sistem afiliasi pemasaran dipilah menjadi 5 macam :
#1. Pay Per Sales (PPS),
Metode PPS ini merupakan sistem pemasaran afiliasi yang memakai pembagian komisi kalau sudah terjadi penjualan produk.
#2. Pay Per Click (PPC),
Metode PPC merupakan sistem afiliasi pemasaran yang memakai pembagian komisi pada setiap terjadi klik pada iklan yang dipasang biro pemasar di websitenya.
Salah satu metode PPC itu yang sangat populer dan banyak diburu blogger yaitu Google Adsense.
#3.Pay Per Leads (PPL),
Metode PPL merupakan sistem afiliasi pemasaran yang memakai pembagian komisi untuk setiap lead atau link yang diberikan biro pemasar anda.
#4.Pay Per Review (PPR), Metode PPR ini merupakan sistem afiliasi pemasaran yang memakai pembagian komisi berdasar hasil review atau ulasan yang ditulis seseorang. Review atau ulasan itu berupa sebuah produk atau jasa.
#5.Recurring.
Metode kelima ini yaitu sebuah metode afiliasi pemasaran yang memakai pembagian komisi kalau biro pemasar sukses memikat calon konsumen untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan
Cara Pembayaran Komisi
Pembayaran komisi yang bagi seorang biro pemasar umumnya tidak dilakukan begitu sehabis terjadi transaksi. Namun biasanya dikumpul dulu hingga jumlah tertentu lalu dibayarkan.
Alasannya, sebab hal ini terkait dari biaya manajemen yang ditimpakan oleh bank tertentu pada proses transfer komisi sendiri.
Kesimpulan
Metode afiliasi pemasaran yaitu metode lawas yang berkembang jauh sebelum dunia bisnis online itu ada. Amazonlah inisiator pertama yang membumikan metode ini di tahun 1994.
Belakangan metode ini pun sudah marak diadopsi pelaku bisnis online dan itu merupakan metode super cerdas yang tidak ada alasan untuk tidak kita gunakan.
Asalkan anda serius mengikuti langkah-langkah yang sudah dituturkan tadi di awal, maka percayalah anda niscaya akan sukses.
Baca juga
0 Response to "CARA MEMBANGUN AFILIASI PEMASARAN PRODUK YANG BENAR"
Posting Komentar