Kalau Pak PKD (Petugas Keamanan Dalam) Sudah Membunyikan Peluitnya, Hentikan Langkah Anda ..

Itulah saran saya, seorang veteran pengguna KRL, nama kuno Commuter Line atau kereta komuter Jabodetabek. Mungkin sederhana, tetapi hal itu sangat penting. Kalaupak PKD (Petugas Keamanan Dalam) sudah membunyikan peluitnya, hentikan langkah Anda. Abaikan smartphone sejenak. Tengok ke kanan dan ke kiri.

Hal itu dapat memastikan Anda tiba dengan selamat hingga ke kantor.

Kok dapat demikian?

Sebagai orang yang sudah menjalani kehidupan sebagai komuter selama 28 tahun, saya sadar bahwa  para komuter yakni orang sibuk. Mau tidak mau, secara umum dikuasai dari mereka yakni karyawan yang menggunakan transportasi umum, ibarat Commuter Line untuk pulang pergi menuju kantor.

Saking sibuknya, banyak dari mereka terkadang pikirannya sudah berada di kantor bahkan sebelum naik kereta. Tidak sedikit yang sudah membayangkan harus segera menyetor laporan kepada boss, atau berpikir makan siang apa nanti.

Hasilnya, sering mereka tidak awas dan waspada sebab terburu-buru ingin cepat hingga ke meja kerja di ruang ber-AC. Mereka sering tidak menyadari kalau ancaman selalu mengintai.

Banyak stasiun Commuter Line yang dioperasikan oleh PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek) yang belum mempunyai terowongan untuk menuju ke peron. Karena itu, untuk menuju peron untuk naik kereta, penumpang harus melintasi jalur kereta. Masalahnya, dengan semakin banyaknya frekuensi kedatangan dan keberangkatan kereta, sewaktu-waktu sang kuda besi dapat melintas dan membahayakan nyawa.

Untungnya, semenjak dioperasikan oleh PT KCJ, anak perusahaan PT KAI (Kereta Api indonesia), pelayanannya semakin bagus. Keselamatan penumpang menjadi prioritas utama dari pengelola.

Untuk mengatasi duduk perkara ibarat ini, sambil menunggu pembangunan terowongan penyeberangan orang menuju peron selesai, PT KCJ banyak menempatkan PKD atau Petugas Keamanan Dalam di seluruh stasiun.

Salah satu tugasnya yakni mencegah penumpang melintas jalur yang akan dilewati kereta yang datang. Caranya sederhana, dengan membunyikan peluit terus menerus dan dilakukan oleh para petugas yang akrab dengan jalur kereta. Mereka biasanya juga akan merentangkan tangan untuk mencegah penumpang melintas kalau kereta sudah terlalu dekat.

Mereka harus memastikan bahwa penumpang berada di belakang garis kondusif berwarna kuning. Jangan terlalu akrab supaya tidak tersambar kereta.

Cara sederhana tetapi efektif sebab kebanyakan orang akan berhenti sebab mendengar bunyi tersebut atau sebab bunyi tegas para petugas tersebut.

Jadi, mitra pembaca. Jika Anda pengguna pemula jasa Commuter Line, perhatikan lah bunyi sederhana dari peluit ketika hendak menuju peron. Ketika pak PKD membunyikannya, berarti Anda harus segera menghentikan langkah dan meluangkan waktu sejenak untuk mengamati situasi.

Jangan hingga perjuangan para PKD menjadi sia-sia hanya sebab kita terlalu terfokus pada smartphone atau pekerjaan di kantor.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalau Pak PKD (Petugas Keamanan Dalam) Sudah Membunyikan Peluitnya, Hentikan Langkah Anda .."

Posting Komentar