Darimana Ya Asalnya Nama Bunga Kamboja, Yang Jelas Bukan Dari Kamboja


Bingung dan bikin penasaran. Ingin tahu asal muasal disematkannya nama bunga Kamboja, bunga yang fotonya ada di paling atas goresan pena ini. Kenapa nama negeri Pangeran Norodom Sihanouk dapat ditempelkan pada bunga ini?

Padahal berdasarkan dongeng asal muasalnya, bunga ini dikenal sebagai Plumeria. Habitat aslinya bukan berada di Asia, melainkan di daerah Amerika Tengah, menyerupai Mexico, Karibia, dan bahkan hingga Brazil. Pastinya bukan berasal dari daerah ASEAN.

Lalu, mengapa dikaitkan dengan negara tersebut? Apakah alasannya di Indonesia, pohon Kamboja biasa ditanam di daerah pemakaman, kemudian disangkutpautkan dengan pembantaian massal yang pernah dilakukan oleh Khmer Merah di Kamboja?

Memang sih ada yang menyebutnya dengan nama lain, walau bunyinya berdekatan, ialah Semboja. Tetapi, kebanyakan orang Indonesia lebih suka menyebutnya dengan Kamboja.

Apakah alasannya bunganya, yang kebanyakan berwarna putih atau pink? Rasanya tidak juga alasannya sama sekali tidak ada kaitannya dengan kata Kamboja, walaupun jika mengikuti rumus "cocokologi" alias dicocok-cocokan, warna merah menyerupai warna darah dan kemudian lagi-lagi dikaitkan dengan negara Kamboja yang pernah berdarah-darah alasannya kudeta itu.

Rasanya tetap janggal dan kurang pas.

Entahlah. Saya juga gundah kenapa ingin tau menyerupai ini. Mungkin alasannya saya menyukai keindahan kelopak dan warna bunganya yang elok itu maka saya bertanya kepada siapapun yang tahu?

Mungkin Anda dapat bantu?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Darimana Ya Asalnya Nama Bunga Kamboja, Yang Jelas Bukan Dari Kamboja"

Posting Komentar