Hindari Menanam Pohon Berbatang Keras Ukuran Besar di Lahan Sempit Dekat Jalan atau Selokan


Sekedar saran, bukan memaksa. Tetapi, saran ini menurut pengalaman sendiri dan juga menurut pengamatan terhadap kebiasaan yang dilakukan banyak orang dalam sebuah kompleks perumahan.

Saran itu yakni "hindari menanam pohon berbatang keras ukuran besar di lahan sempit erat jalan atau selokan".

Biasanya di dalam sebuah komplek perumahan, pengembang akan menyediakan tanah kecil di luar rumah-rumah yang ada untuk dijadikan taman kecil penghias. Posisinya biasanya berdampingan dengan akses air dan jalan yang dipergunakan untuk kemudian lintas penghuni kompleks perumahan itu.

Nah, biasanya pemilik rumah akan menanam pohon berbatang kayu keras untuk menahan sinar matahari eksklusif semoga tidak masuk ke rumah dan sekaligus menciptakan rumahnya menjadi teduh. Pemikiran logis dan normal alasannya yakni siapapun ingin semoga rumahnya menjadi teduh dan nyaman.

Biasanya yang menjadi pilihan sebagai pohon peneduh yakni jenis-jenis pohon berbatang kayu keras dan tinggi, ibarat Bintaro, Mangga, Jambu, sampai Ketapang.

Hasilnya memang bagus, lingkungan menjadi teduh alasannya yakni ternaungi oleh rindangnya pohonpohon tersebut. Sayangnya TIDAK GRATIS.

Seiring dengan pertumbuhan bab atas sang pohon yang semakin rimbun, ternyata bab bawahnya juga mengalami pertumbuhan yang seimbang. Akar pohon berbatang kayu keras ini pun menjalar dan membesar kemana-mana. Sesuatu yang memang sudah kodratnya semoga sang pohon tumbuh kokoh.

Sayangnya, dengan lahan sempit yang tersedia, hal itu sangat bertentangan. Akar tersebut tidak dapat lagi dibatasi oleh tembok atau jalan yang membatasi lahan kecil tersebut. Juluran akar mendorong tembok dan lain-lain yang berada di jalur pertumbuhannya.

Akibatnya, tembok beton sekalipun rontok dan rubuh. Jalan pun rusak dan terangkat. Prasarana pun menjadi rusak karenanya. Belum ditambah akarnya pun menjalar masuk ke dalam akses air dan membentuk bendungan alami yang menghalangi ajaran air di selokan.

Padahal biaya untuk perbaikan jalan dan prasarana tidak mengecewakan besar.

Itulah mengapa sebaiknya tidak menanam pohon kayu berbatang keras di taman kecil erat jalan. Hal itu akan memperlihatkan imbas yang kurang baik bagi prasarana lingkungan dan harus ditebus dengan biaya perbaikan yang tidak mengecewakan besar.

Sebaiknya jenis pohon yang ditanam yakni pohon kecil dengan akar yang tidak menjalar dan berukuran besar. Untuk kebaikan bersama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Hindari Menanam Pohon Berbatang Keras Ukuran Besar di Lahan Sempit Dekat Jalan atau Selokan"

Posting Komentar