Crane Terkuat di Dunia Ini Sanggup Mengangkat Kapal Hingga Pengeboran Minyak Lepas Pantai Dalam Keadaan Utuh

 Tentunya sudah kalau Anda pernah melewati pelabuhan dan biasanya alat ini dipergunakan unt Crane Terkuat di Dunia Ini Sanggup Mengangkat Kapal Hingga Pengeboran Minyak Lepas Pantai Dalam Keadaan Utuh
Kredit Foto Wikimedia Commons

Pernah lihat yang namanya "crane"? Tentunya sudah kalau Anda pernah melewati pelabuhan dan biasanya alat ini dipergunakan untuk melaksanakan bongkar muat kontainer di pelabuhan. Memang alat ini ditujukan untuk mengangkat beban-beban berat yang mustahil dilakukan oleh manusia.

Terkadang melihat bagaimana sebuah crane menurunkan sebuah kontainer berukuran 40 feet dengan berat sekitar 10-20 ton saja, pengecap kita sudah berdecak kagum. Padahal hal itu tidak seberapa dibandingkan yang dapat dilakukan crane terkuat di dunia.

Berapa beban yang dapat diangkat oleh crane terkuat di dunia? Cobalah bayangkan bagaimana membangun sebuah pengeboran minyak lepas pantai di maritim yang bergelombang? Tentunya banyak dari kita membayangkan bahwa bangunan itu dirakit di laut, padahal kenyataannya tidak.

Banyak pengeboran lepas pantai dirakit di daratan dan di galangan kapal. Barulah lalu diangkut ke lokasi dimana pengeboran akan dilakukan.

Bagaimana bisa?

Salah satunya yaitu dengan memanfaatkan tenaga crane untuk memindahkannya dari galangan ke maritim sebelum lalu ditarik ke lokasi.

Berat? Pasti sebab beratnya dapat mencapai ribuan ton.

Tetapi, dengan memakai crane terbesar di dunia ini hal itu dapat direalisasikan. Sebab, Guinness Book of World Record mencatat bahwa beban terberat yang dapat diangkat oleh crane terkuat di dunia yaitu lebih dari 20.000 tom.

Jika sulit membayangkannya, bayangkan saja 4-5 kapal feri yang penuh pemudik lebaran di pelabuhan Merak diangkat sekaligus.

Crane terkuat ketika ini diberi nama Taisun, atau Taishan, sebuah gunung tertinggi di Propinsi Shandong, Cina (Tiongkok). Selesai dibangun pada tahun 2008 ini sampai kini sudah memecahkan beberapa kali rekor dunia beban terberat yang dapat diangkat oleh sebuah crane.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Crane Terkuat di Dunia Ini Sanggup Mengangkat Kapal Hingga Pengeboran Minyak Lepas Pantai Dalam Keadaan Utuh"

Posting Komentar