Alasan Mengapa Memotret Bunga Adalah Langkah Awal Yang Bagus Bagi Pemula Dalam Fotografi


Sederhana. Tidak rumit. Mungkin sebab itulah memotret bunga dapat menjadi langkah awal yang manis bagi siapapun yang ingin menekuni fotografi.

Memang, tidak heboh dan sangat mainstream sebab sudah, entah berapa juta, foto bunga yang bertebaran di dunia ini. Bukan hanya pemula, tetapi mereka yang sudah mencapai level intermediate ataupun advance dalam fotografi pun tetap, walau tidak selalu, akan memotret bunga.

Tetapi, bunga ialah mengatakan banyak hal yang dapat mengatakan ruang pembelajaran awal dalam menekuni cara memotret dan menghasilkan foto yang bagus.

Perhatikan saja beberapa sifat bunga dipandang dari sudut fotografi.

1. Statis

Pemula pastilah belum menguasai kameranya 100%. Banyak hal yang belum dapat dilakukan, terutama dalam memotret benda yang bergerak alias dinamis.

Sifatnya yang statis tentu menguntungkan sebab sang fotografer dapat menggunakan setting termudah, menyerupai setting auto tanpa harus berpikir terlalu rumit. Perhatian dapat terfokus pada obyeknya saja

2. Penempatan Obyek dalam Foto (Komposisi)

Dengan tidak terfokus pada settingan kamera untuk menangkap obyek, sang pemula dapat mempunyai waktu lebih untuk berpikir dimana mereka ingin menempatkan sang obyek, bunga dalam fotonya. Di sebelah kiri, kanan, tengah, atas, atau bawah.

Banyak waktu untuk berpikir dan berbeda dengan obyek yang dinamis yang hanya mengatakan sepersekian detik bagi fotografer untuk berpikir.

3. Warna Yang Menarik

Setiap bunga mempunyai paling sedikit 2 warna dan biasanya menarik. Kodrat bunga memang biar binatang penyerbuk tertarik dan salah satunya ialah warna.

Bagi seorang pemula, hal itu tentu akan mempermudah. Ia tidak perlu lagi berpikir apakah obyeknya cukup menarik atau tidak. Setiap bunga hampir niscaya sudah menarik. Bahkan bunga bangkai sekalipun.

Ia hanya perlu menyesuaikan dengan latar belakang yang diinginkan saja.

4. Kecil

Ukuran bunga jarang yang besar, kecuali beberapa menyerupai Rafflesia Arnoldi dan Bunga Bangkai. Dengan begitu tidak akan terlalu repot untuk menempatkan ruang, dan bahkan tidak perlu bergerak terlalu banyak biar obyek dapat masuk ke dalam frame foto/lensa.

5. Sudut Pengambilan Gambar/Foto

Sifat statisnya membawa laba lain. Seorang pemula dapat mencoba banyak sekali sudut pengambilan foto yang dapat memenuhi kemauan atau inspirasi yang ada di kepalanya. Bunga tidak akan berpindah tempat,

Bandingkan dengan ketika hendak memotret seorang yang sedang berjalan dimana momennya hanya ada sekali dan tidak akan berulang. Memotret bunga tidak perlu menyerupai itu dan dapat dilakukan berulangkali dari banyak sekali sudut yang diinginkan.

Jadi, walaupun sederhana dan tidak heboh, memotret bunga ialah langkah awal yang paling baik untuk mengasah keterampilan menentukan obyek, mengatur setting kamera, dan mengambil sudut pengambilan gambar yang pas.

Tidak perlu aib atau merasa sungkan. Semua orang sudah niscaya akan memulai dari awal dan tidak akan pribadi menjadi pandai.

Sayapun sampai sekarang masih memotret bunga. (Mungkin sebab saya masih pemula juga)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alasan Mengapa Memotret Bunga Adalah Langkah Awal Yang Bagus Bagi Pemula Dalam Fotografi"

Posting Komentar