HEBOH BINATANG ANEH

 Hampir disudut manapun kota maupun bangunan HEBOH  BINATANG ANEH
Tagline luwak kopi, sudah bukan hal gres yang kita dengar. Hampir disudut manapun kota maupun bangunan, kita akan sangat  gampang menemukan propaganda produk yang satu ini.  Memang  diakui, begitu gencar dan  hebatnya   sang empu pemilik perjuangan luwak kopi itu berbusa-busa mempromosikan produk luwak kopi.  Lantas, apa sih hebatnya luwak kopi itu dibanding kopi kapal api atau produk kopi lainnya ? 

Konon katanya yang membedakan luwak kopi dengan kopi dengan brand dagang lain ialah pada proses pengolahan kopi itu sendiri. Luwak sendiri merupakan nama sebuah binatang atau binatang dari keluarga musang  yang punya kebiasaan suka makan buah kopi. Binatang satu ini memang populer dengan insting menentukan biji-bijian yang baik sehingga dapat diklaim biji apapun yang dimakan oleh binatang ini tentunya sudah niscaya ialah biji terbaik termasuk untuk biji kopi sendiri.

Namun ketika saya jalan-jalan ke perkebunan kopi di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur ternyata tidak hanya binatang luwak saja yang suka makan buah kopi, ada juga binatang yang oleh masyarakat pemilik kopi menyebutnya dengan binatang kuse sebagaimana pada foto yang nampak. Alih-alih saya berpikir mungkin ini yang disebut binatang kus-kus, tapi ternyata secara fisik cukup berbeda. Lantas binatang apa ini yang punya kebiasaan mengulum buah kopi yang sudah merah dimulutnya.  Ini merupakan tantangan bagi jago fauna untuk meneliti lebih lanjut. Yang terperinci campur tangan binatang ini dalam proses pengolahan biji kopi  sangat membantu sekali dan dapat masukkan sebagai bab dari kegiatan pengolahan kopi organik.

Jangan lewatkan baca juga  apa sih pertanian organik itu

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "HEBOH BINATANG ANEH"

Posting Komentar