17 CARA KONYOL MENCARI IDE

depan layar komputer kesayangan dengan tatapan kosong 17 CARA KONYOL MENCARI  IDE
Mungkin anda pernah mengalaminya duduk depan layar komputer kesayangan dengan tatapan kosong. Mau menulis artikel lagi tapi sudah kehabisan materi untuk menulis, otak terasa hambar membeku tapi anda cukup sadar kewajiban anda sebagai seorang blogger sejati, anda harus menulis  

Penulis blok.

Mencoba untuk menghentikan pikiran anda untuk berpikir sangat menggerikan dan itu sangat tidak disarankan dilakukan.  Tetapi ketika anda mencoba  menulis lagi terasa semuanya gelap dan menemukan jalan buntu.  Terus bagaimana anda harus menemukan kembali alur goresan pena anda ?

Apakah perlu mengambil waktu istirahat lebih banyak lagi ?  itu cara yang  kurang manis sebab ketika anda bangun, problem itu   masih tetap ada, pikiran tetap buntu. Yang anda wajib lakukan melonggarkan diri sendiri dengan membiarkan sisi  konyol  itu keluar untuk beberapa dikala semoga ide kreatif itu sanggup menampakan dirinya.  

17 Cara Mencari Ide
   
Tulisan ini, hasil penelusuran saya ke beberapa web penulis artikel terkemuka    di dunia. Apa yang mereka lakukan   ketika kehabisan logika untuk menulis.   berikut melaksanakan beberapa hal yang biasa mereka lakukan walau itu terlihat konyol :

  1. Berbicara secara eksklusif dengan fans pembaca artikel  anda.  Ini akan menunjukkan sumber pandangan gres baru bagi anda ihwal hal-hal yang disukai oleh fans anda. Setidaknya apa yang mereka katakan mungkin sanggup dipertimbangkan  menjadi materi penulisan anda nantinya
  2. Gunakan cara berbeda menulis. Selama ini mungkin anda menulis sebuah artikel sering memakai Microsoft word maka ada baiknya anda perlu mengubah kebiasaan itu dengan menulis postingan artikel itu eksklusif di blog yang anda miliki. Merubah pilihan aksara dari times roman ke arial atau pilihan lainnya, merubah warna aksara sesuai warna favorit anda yaitu beberapa hal yang layak anda coba juga lakukan. Ini tampak konyol, tapi keajaiban ada disana bagaimana hal-hal kecil menyerupai tadi  akan membantu anda ketika menulis artikel.  
  3. Kunjungi keluarga atau teman lama.Anda punya keluarga  dan teman usang yang tinggal jauh ada baiknya berinisiatif untuk kunjungi mereka. Sebaiknya gunakan kendaraan umum untuk pergi kesana menyerupai bus, kereta atau pesawat dan jangan membawa notebook, tapi hanya secarik kertas dan pulpen. Kemudian selama dalam perjalanan tantang diri sendiri untuk menulis sebuah artikel pendek sebelum tiba di daerah tujuan.    
  4. Minumlah secangkir kopi. Banyak pakar kesehatan menyampaikan kafein kopi sangat tidak baik untuk kesehatan, tapi tahukah dengan minum kopi selama perjalanan akan menguatkan konsentrasi kita selama beberapa dikala untuk menulis artikel pendek. 
  5. Stop merencanakan posting artikel anda.Kebiasaan suka menciptakan garis-garis besar penulisan sebuah artikel  akan sangat menyita waktu dan energy anda.  Jadi, mulailah menulis sesuai apa yang terbersit dalam hati dan pikiran anda ketika berada disuatu tempat.
  6. Berikan kejutan ke diri sendiri.  Biarkan pikiran anda berkelana, terganggu dengan hal-hal yang mungkin belum pernah anda alami sebelumnya. Jangan menghabiskan waktu dengan membaca buku-buku, postingan blog orang lain ataupun komentar-komentar yang berkesiuran di media sosial. Coba luangkan waktu untuk menonton film di bioskop, televisi atau mungkin juga pergi ke sebuah museum, pameran, bazaar, pagelaran music, event tertentu yang sedang berlangsung.Ini akan sangat membantu membuka ide kreatifitas. Ingat, proses kreatifitas itu sulit diduga dan sangat misterius, siapapun tidak akan pernah tahu kapan, dimana beliau akan muncul.  
  7. Menulis di waktu yang berbeda. Penulis terkemuka menyerupai Haruki Mirakami dan John Grisham mempunyai jadwal tetap untuk menulis. Itu baik dari segi perencanaan waktu, sebab berarti semua waktu yang mereka miliki sudah ada kegiatannya sendiri-sendiri. Tapi akibatnya, kita akan kekurangan pandangan gres untuk menulis artikel. Rutinitas yang terpola akan bertahap mengikis ruang kreatifitas untuk menemukan ide gres yang banyak bertebaran di luar sana. 
  8. Mulai menulis di daerah yang berbeda.Tinggalkan meja kerja anda yang selama ini selalu setia menemani, itu yaitu obat mujarab  untuk menemukan ide kreatif anda. Bawa notebook anda ke sebuah daerah yang anda pikir menyenangkan, semisal sebuah taman, dan menulislah di sana.  
  9. Pergilah  ke sebuah toko buku. Cara ini bukan maksudnya anda harus membeli sebuah buku, tapi ketika sesampai di toko buku, cukup perhatikan dan baca daftar isi setiap buku jangan membaca terlalu jauh untuk menemukan ide-ide segar penulisan artikel. Jangan tinggalkan toko buku itu sebelum menemukan 10 buah ide-ide posting blog anda. 
  10. Cuci piring.   Terkadang  sebuah  ide   lahir di  kamar mandi dikala buang besar atau mandi tapi itu tidak menjadi jaminan.  Bagaimana kalau anda tidak punya niat ke kamar mandi apakah itu harus dipaksakan ? Maka cobalah melaksanakan kiprah tugas rutin lainnya menyerupai melipat cucian baju atau mencuci piring makan, ini sanggup membantu juga merelaksasi pikiran sehingga ide-ide sanggup muncul. 
  11. Lihat album foto Anda.Melihat foto-foto usang dalam sebuah album akan mengingatkan kita pada insiden masa lalu, apa yang terjadi di masa itu, dengan siapa anda berafiliasi dan hal-hal lainnya. Ini yaitu sebuah jendela yang sanggup menghubungkan ke dalam ide-ide berpikir kreatif. Kaprikornus tidak ada salahnya anda lakukan.
  12. Stop  mengkhawatirkan tata bahasa. Mencoba menulis sebuah posting artikel yang tepat itu teramat sulit, apalagi kalau sibuk memikirkan tata bahasa yang dipakai di artikel tersebut. Kaprikornus saya mau katakan, tulislah sebuah artikel sesuai gaya tata bahasa anda sendiri nanti sehabis selesai menulis, maka lakukan proses editing.   
  13. Komentar di media sosial. Semua orang tahu media umum semisal facebook, twitter, google plus merupkan daerah pemborosan waktu terbaik. Tetapi  kalau anda terjebak kehilangan ide menulis artikel, maka media umum sanggup menjadi tambang yang kaya akan ide-ide berharga.  Luangkan waktu anda sebentar saja untuk memberi komentar   dan mengajukan beberapa pertanyaan ke beberapa warga media umum sehingga akan ditemukan ide-ide yang baik dari mereka. 
  14. Mulai dari tengah.Ketika mulai menulis, seringkali para penulis artikel blog kehilangan kata-kata untuk pembukaan paragraf pertama dan itu menjadi penghambat nomor satu pada proses menulis.  Jadi tulislah apa yang dikala itu sudah ada dalam pikiran anda, tidak perlu terlalu fokus pada pembukaan yang tepat dari artikel yang anda tulis. 
  15. Bacalah kembali artikel  anda. Saat selesai menulis dan mengedit, maka baca ulang artikel yang anda tulis sekedar untuk mengingatkan kembali alur kisah yang anda sudah susun. Tak sanggup dipungkiri secara alamiah insan mempunyai sifat pelupa, sehingga butuh cara membaca kembali hasil goresan pena kita. Siapa tahu masih ada ide lain yang belum sempat dimasukan. 
  16. Ambil istirahat sejenak.Salah Satu rahasia untuk berpkir  kreatif yaitu  mengambil istirahat ketika anda menulis  Luangkan waktu lima menit saja untuk menatap keluar jendela. berdiri di luar di teras atau balkon dan mendengarkan kemudian lintas. atau menonton awan melayang.   
  17. Mencuri ide. Austin kleon seorang penulis terkemuka di dunia dalam bukunya "steal like an artist" pernah menyampaikan semua ide kreatif yang muncul didasarkan pada apa yang tiba sebelumnya. Kaprikornus bacalah posting dari blog yang lain, sehabis menerima ide gres  kemudian campurkan dengan ide-ide para ilmuan, seniman. Intinya jangan menyalin langsung, tapi buatlah kombinasi ide diantara sesama penulis.     
Kesimpulannya :

Menulis secara rutin akan menciptakan kita suatu dikala terjebak kehilangan ide lagi menulis. Situasi ini sangat tidak bagus, maka dari itu harus dilakukan cara-cara konyol,  aneh  dan tidak biasa semoga menemukan kembali ide-ide segar. 

17 Sumber ide menulis merupakan panduan yang sudah dipraktekkan beberapa penulis buku terkemuka di dunia dan hasilnya sangat manjur dan mujarab. Tidak ada salahnya anda coba.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "17 CARA KONYOL MENCARI IDE"

Posting Komentar