Patung Tangan Yang Mahakuasa di Pekarangan Belakang Istana Bogor

Sering tidak disadari dikala orang berkunjung ke sebuah daerah wisata, mereka bekerjsama melihat sesuatu yang sangat bernilai. Mereka hanya menganggap "sesuatu" itu sebagai biasa dan tidak mempunyai makna apa-apa.

Contohnya, di Kebun Raya Bogor. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa di akrab Danau Gunting yang menghadap ke arah pekarangan belakang Istana Bogor, terdapat sebuah patung yang bernilai sejarah cukup tinggi. Namanya Patung Tangan Allah atau dalam bahasa Inggris disebut dengan The Hand of God.

Bentuknya menyerupai foto di bawah ini.


Bentuknya menyerupai orang menengadah dan sedang menerikkan sesuatu ke arah langit.

Patung ini tidak sembarangan alasannya yaitu hanya ada beberapa replika Patung Tangan Allah di dunia dan salah satunya di Istana Bogor.

Patung ini yaitu karya dari pematung populer dunia, Carl Milles (1875-1955), yang merupakan "murid" dari August Rodin (1840-1917). Patung orisinil karyanya dipajang di Milles Garden, Swedia.


Patung ini merupakan hadiah tanda persahabatan dari Kerajaan Swedia kepada Indonesia di tahun 1950-an. Meskipun demikian, si Tangan Allah ini gres dipasang sesudah Trikora di tahun 1960-an.

Mengingat usianya dan sejarahnya, patung ini mempunyai nilai yang tidak sembarangan.

Sayangnya, banyak pengunjung Kebun Raya Bogor tidak pernah menyadarinya. Mungkin sanggup jadi alasannya yaitu mereka belum pernah membaca dan mengetahuinya. Maklum lah sumber info di negara ini masih kurang sekali, terutama dalam hal yang berkaitan dengan seni budaya.

Pernah Anda melihat patung ini?

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Patung Tangan Yang Mahakuasa di Pekarangan Belakang Istana Bogor"

Posting Komentar