Rupanya Masyarakat Indonesia Tidak Suka Membaca Aturan : Lomba Foto Wiki Cinta Alam Indonesia 2017

Benar-benar deh. Rupanya kebiasaan jelek masyarakat Indonesia dalam hal aturan, terbawa kemana-mana. Bahkan, hingga ke dunia maya sekalipun, kebiasaan itu terus terbawa.

Salah satu referensi sederhana terjadi pada Lomba Foto Wiki Cinta Alam Indonesia 2017 yang gres saja memasuki ketika penjurian ketika goresan pena ini ditulis. Disana terlihat sekali banyak orang yang tidak suka membaca aturan.

Perhatikan syarat yang sudah ditulis wacana cara mengikuti lomba foto tersebut.

sumber : Wiki Cinta Alam Indonesia

Disana tertulis dengan terperinci sekali :

"Resolusi foto yang diunggah minimal 2 megapiksel (MP)"
Sesederhana itu dan sejelas itu hukum mainnya. Wajar alasannya dalam setiap lomba foto, maka memang ukuran foto yang diperkenankan akan selalu diberitahukan.

Nah, tetapi yang terjadi ialah ibarat ini.

sumber : wikiemdia.commons
Perhatikan ukuran resolusi foto-foto tersebut! Ya betul sekali banyak di bawah 2 Megapiksel.

Padahal aturannya sudah terperinci sekali, 2 Megapiksel "minimal" dan bukan maksimal. Dengan kata lain, dihentikan ada foto yang berukuran di bawah 2 MP.

Sesederhana itu saja.

Tetapi rupanya memang kebiasaan orang Indonesia yang gemar melanggar hukum atau tidak mematuhi hukum menciptakan banyak orang yang bahagia mengabaikan hukum yang ada. Mereka malas membaca hukum dan mau seenaknya saja.

Memang, dalam hal ini tidak akan berakibat fatal  Paling, foto-foto tersebut tidak akan diikutsertakan dalam penilaian. Hanya saja, berapa waktu yang terbuang, berapa bandwidth yang terpakai untuk sesuatu yang sia-sia ibarat itu? Sepertinya hal tersebut tidak pernah terpikirkan oleh mereka.

Padahal jikalau mengikuti hukum dengan baik, mereka mempunyai kesempatan untuk meemenangkan hadiah yang totalnya mencapai 15 juta rupiah itu. Juga akan menerima peluang ikut serta dalam kontes foto Wiki Cinta Alam Internasional.

Mungkin sudah saatnya orang Indonesia berguru disiplin dan mau meluangkan waktu membaca hukum yang ada Dengan begitu tidak akan ada hal-hal yang tersia-sia.

Kalau sekedar waktu sih masih tidak begitu masalah, tetapi jikalau nyawa? Hal itu sudah banyak terjadi alasannya insan Indonesia enggan membaca dan mematuhi hukum untuk tidak melawan arus ketika berkendara. Hasilnya, banyak nyawa insan terbuang percuma.

Contoh lomba foto Wiki Cinta Alam Indonesia 2017 ini hanyalah pucuk gunung es dari sebuah gunung es besar berjulukan ketidakmauan untuk mematuhi hukum yang masih mengakar di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rupanya Masyarakat Indonesia Tidak Suka Membaca Aturan : Lomba Foto Wiki Cinta Alam Indonesia 2017"

Posting Komentar