Kok Yang Namanya Lawang Suryakancana atau Lawang Suryakencana Bogor Kayak Bangunan Cina?


Ya alasannya memang gaya arsitekturnya mengambil nafas dari budaya Cina atau Tionghoa. Itu jawabannya. Lawang Suryakancana, atau sering juga dieja Lawang Suryakencana, memang dibangun sebagai pintu gerbang memasuki daerah yang dikenal sebagai Pecinan di Kota Bogor.

Lokasinya sempurna di pangkal Jalan Suryakencana yang dikenal semenjak masa dahulu, semenjak 200-300 tahun yang lalu, sebagai lokasi pemukiman masyarakat Tionghoa.

Oleh alasannya itu, tidak heran jika gerbang tersebut dicat berwarna merah menyala, dan juga di kedua sisinya terdapat patung singa yang merupakan lambang penjaga dalam budaya Tionghoa.

Bangunan ini bukanlah bangunan usang alasannya gres diresmikan di tahun 2015 yang lalu, tetapi menyiratkan sebuah budaya yang juga turut membentuk Bogor menjadi kota yang beragam menyerupai sekarang.

Budaya Cina/Tionghoa memang tidak sanggup dipisahkan dari Bogor. Buktinya, keberadaan salah satu Klenteng tertua di Bogor berjarak hanya sepelemparan kerikil dari Lawang Suryakancana ini. Nama klenteng atau Viharanya ialah Hok Tek Bio atau Vihara Mahacetya Dhanagun.

Makara sanggup dianggap lawang atau pintu ini ialah perwujudan dari ratifikasi budaya Tionghoa atau Cina di Bogor.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kok Yang Namanya Lawang Suryakancana atau Lawang Suryakencana Bogor Kayak Bangunan Cina?"

Posting Komentar