Kalau Melihat Tanda ini, Berarti Anda Dilarang Duduk .... Di Lantai Commuter Line

Jika Anda memakai Commuter Line atau KRL Jabodetabek, tentu di depan pintu Anda akan melihat simbol ibarat di bawah ini.


Jangan pribadi tersinggung dan menolak kalau ditawari duduk. Silakan saja. Simbol ini bukan melarang penumpang untuk duduk di dingklik yang sudah disediakan. Simbol ini merujuk pada "kuliper", istilah yang diberikan para ro-ker (rombongan kereta) atau an-ker (anak kereta) pada satu golong penumpang.

Simbol ini lahir beberapa tahun yang lalu, ketika KRL (Kereta Rel Listrik) berubah nama menjadi Commuter Line, ketika pengelolaannya diambil alih oleh PT KCJ (KAI Commuter Jabodetabek). Saat itu lahir satu golong penumpang yang biasa duduk di lantai, memakai koran atau kursi lipat untuk memancing.

Dari situlah lahir istilah "Kuliper" atau "Kursi Lipat-er".

Mereka sering memaksakan diri untuk duduk dimanapun selama ada ruang kosong. Hal itu sangat mengganggu penumpang lain yang berdiri. Tidak jarang menjadikan pertikaian antar penumpang.

Untuk mengatasi hal inilah, PT KCJ memasang simbol dihentikan duduk .. di lantai Commuter Line memakai kursi lipat atau bantalan lainnya. Bukan untuk mereka yang duduk di kursi yang disediakan.

Tidak segan juga, para announcer di dalam kereta akan mengingatkan biar pra penumpang tidak duduk di lantai. Bahkan, Petugas Keamanan Dalam, ketika sedang patroli di dalam kereta, akan membangunkan siapapun yang sedang jongkok atau duduk di lantai kereta.

Itulah arti simbol ini. Jadi, kalau menemukan simbol ini, silakan duduk di daerah yang sudah disediakan, tetapi janganlah duduk di lantai.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kalau Melihat Tanda ini, Berarti Anda Dilarang Duduk .... Di Lantai Commuter Line"

Posting Komentar